Fakta-Fakta Tapir: Ciri-ciri, Daerah Endemik, Jenis dan Makanan

Fakta-Fakta Tapir: Ciri-ciri, Daerah Endemik, Jenis dan Makanan

Fakta-Fakta Tapir: Ciri-ciri, Daerah Endemik, Jenis dan Makanan

Seekor tapir liar menghebohkan warga di perumahan Cendrawasih di Jalan Surya Garuda Sakti Kota Pekanbaru lantaran tercebur ke tidak benar satu kolam ikan milik warga. Seperti apa hewan tersebut? Simak fakta-fakta tapir selanjutnya ini.
FS88BET
Menurut kesaksian Julaiha, pemilik kolam ikan yang disambangi oleh tapir ini, ia mengaku bahwa nada byurr yang sangat besar membuatnya terkejut agar awalannya Julaiha mengira anaknya yang terjatuh.

Kejadian yang berjalan terhadap hari Selasa (21/4/2021) ini sesudah itu ditangani oleh petugas Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau.

Tapir itu baru dapat diselamatkan usai beberapa jam terendam dalam kolam. Saat dievakuasi, keadaan tapir dalam keadaan stress dan terkandung luka di bagian kaki.

Untuk waktu waktu, tapir dapat dititipkan ke Kasang Kulim untuk diobservasi dan disembuhkan lukanya.

Sebenarnya dimanakah habitat tapir dan bagaimana tingkah laku hewan endemik Sumatera ini di alam bebas? Yuk cari mengetahui mengenai fakta-fakta tapir selanjutnya ini

Fakta-fakta Tapir

1. Ciri-ciri tapir

Tapir termasuk ke dalam tipe hewan herbivora yang menyukai makanan layaknya dedaunan yang tetap muda yang biasa mereka temukan di hutan atau tepian sungai.

Tapir dapat miliki panjang tubuh menggapai 225 cm. Moncong tubuhnya yang menyerupai belalai pendek jadi tidak benar satu ciri khasnya.

Selama berjalan, tapir dapat lebih mengendalikan indera penciuman serta pendengarannya, agar tapir dapat keluar selamanya mendekatkan moncongnya ke tanah.

Salah satu ciri khas tapir adalah kepribadiannya yang soliter atau kebiasaannya hidup menyendiri di luar musim kawin. Selain itu tapir termasuk menggunakan banyak aktivitasnya di malam hari agar ia termasuk sebagai hewan nokturnal.

2. Jenis tapir dan asalnya

Saat ini terkandung 4 tipe tapir di dunia, tetapi 3 diantaranya hanya dapat ditemukan di Amerika Selatan dan hanya satu tapir yang tersebar di Asia Tenggara.

Tiga tipe tapir yakni Tapirus bairdii, Tapirus pinchaque, dan Tapirus terrestris hanya dapat dijumpai di Amerika Selatan, sedang satu tipe tapir yang sering kami temui di Indonesia adalah Tapirus indicus.

3. Makanan Tapir

Sebagai hewan herbivora, dedaunan muda jadi makanan utama tapir, dengan tubuhnya yang pendek tapir kebanyakan melacak dedaunan yang tetap dapat direnggut lidahnya dengan mudah.

Sebagian besar makanannya berasal dari tumbuhan di semak, serta pepohonan kecil layaknya famili Euphorbiaceae dan Rubiaceae.

Selain dedaunan, tapir termasuk memakan buah-buahan serta umbi-umbian empuk yang berserakan di hutan layaknya durian atau nangka.

4. Memiliki interaksi dengan kuda dan badak

Meski miliki postur yang menyerupai babi, rupanya tapir justru miliki interaksi saudara dengan kuda dan badak. Pasalnya tiga hewan selanjutnya masuk ke dalam golongan “odd-toed” mammals atau mamalia berjari kaki ganjil.

Kuda miliki satu jari kaki dan badak miliki tiga. Sedangkan tapir miliki tiga jari di tiap-tiap kaki belakang, dan empat di tiap-tiap kaki depan.

Itulah fakta-fakta tapir, hewan endemik Pulau Sumatera yang mesti diketahui.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *