Hewan Ternak Warga Mati Dimangsa Ular Piton 2,5 Meter

Hewan Ternak Warga Mati Dimangsa Ular Piton 2,5 Meter

Hewan Ternak Warga Mati Dimangsa Ular Piton 2,5 Meter

Warga dibuat resah bersama dengan kemunculan ular piton sepanjang 2,5 meter sepanjang sebagian hari terakhir.
Pasang Bola
Ular berikut memangsa ternak warga hingga enam ekor ayam bangkok mati. Diketahui ular piton yang mengganggu warga berjenis Sanca Kembang.

Hewan itu memangsa peliharaan Bambang, seorang warga Kelurahan Sungai Miai, Kecamatan Banjarmasin Utara, Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan.

Tim Rescue dan TRC (Tim Reaksi Cepat) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Banjarmasin pun turun tangan. Tim menangkap ular piton 2,5 meter tersebut, Senin (26/4/2021).

“Soalnya sebelum ditangkap, ular ini telah tersedia empat ekor ayam bangkok. Bahkan selagi ditangkap ular berukuran 2,5 meter ini sedang asyik nikmati mangsanya. Satu ayam telah ditelan dan satu lagi sedang dililitnya,” ujar Hanafi, anggaota TRC seperti dikutip dari Kanalkalimantan.com (jaringan Suara.com).

Total tersedia enam ayam bangkok punya warga yang dimangsa hewan buas itu.

Hanafi menjelaskan, si pemilik tempat tinggal telah sebagian hari mengincar hewan buas berikut untuk ditangkap gara-gara memangsa hewan peliharaannya.

Bahkan di telah melaporkan kepada petugas Animal Rescue bahwa sejak pertama kali ayam kesayangannya dimangsa sebagian hari sebelum penangkapan.

Beruntung selagi proses evakuasi pihaknya tidak menemui kendala yang berarti, sehingga ular piton gampang untuk ditangkap.

“Sering lolos, jadi sulit untuk ditangkap. Beruntung hari ini si ular sedang melilit ayam bangkok di didalam kurungan. Jadi cukup gampang menangkapnya,” ucap Hanafi.

Setelah diamankan, hewan yang biasa disebut penduduk bersama dengan nama Ular Sawa itu bakal dijalankan karantina sehingga tidak stress dikala dilepas liarkan ke alam bebas.

“Kita bakal koordinasikan bersama dengan BKSDA (Balai Konservasi Sumber Daya Alam) Provinsi Kalimantan Selatan untuk melewatkan ular ini ke habitat aslinya,” pungkas Hanafi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *