Macam-Macam Hewan Langka yang Patut Dilindungi

Macam-Macam Hewan Langka yang Patut Dilindungi

Macam-Macam Hewan Langka yang Patut Dilindungi

Indonesia adalah negara yang punya flora dan fauna unik. Namun sayang, banyak spesiesnya yang langka dan nyaris punah. Ada macam-macam hewan langka dan juga asal daerahnya yang terpencil. Tak sedikit orang menginginkan memburu hewan-hewan tersebut.
Pasang Bola
Itulah mengaa, jadi benar-benar mutlak bagi tiap penduduk Indonesia untuk paham macam-macam hewan langka yang ada. Hal ini untuk menunjang menahan agar macam-macam hewan langka tersebut punah.

Di bawah ini Liputan6.com udah merangkum berasal dari beraneka sumber, macam-macam hewan langka dan asal daerahnya yang pasti mesti dilindungi agar tidak punah, Senin (1/3/2021).

1. Monyet Hitam

Monyet Hitam atau Monyet Wolai adalah satu berasal dari macam-macam hewan langka yang berasal berasal dari Sulawesi. Sesuai namanya, monyet ini punya bulu hitam di semua tubuhnya dengan pengecualian sebagian bulu berwarna silver yang tersedia di anggota bahunya.

Monyet Hitam ini terasa langka bahkan nyaris punah. Menurut IUCN Redist, Monyet Hitam digolongkan dalam standing konservasi Critically Endangered (krisis). Monyet Hitam adalah hewan sosial, dikarenakan Monyet Hitam hidup dalam grup memuat 5 sampai 25 ekor atau bahkan lebih.

Wajarnya di dalam grup tersebut populasi monyet betina dewasa lebih banyak jikalau dibandingkan dengan monyet jantan. Populasi manusia yang meningkat akhirnya jadi keliru satu ancaman besar bagi keberlanjutan hidup monyet hitam.

2. Cenderawasih

Cenderawasih adalah spesies endemik yang juga ke dalam keluarga Paradisaeidae atau burung berasal dari surge (paradise). Burung agung dan penuh dengan warna ini juga satu berasal dari macam-macam hewan langka yang berasal berasal dari Papua, pulau paling timur di Indonesia.

Burung Cenderawasih, terlebih yang berspesies jantan, punya bulu yang benar-benar berornamen dan halus dengan warna-warna yang cerah dan ekor panjang yang menggantung dengan anggun di tubuhnya.

Cenderawasih juga punya beragam campuran warna di satu tubuhnya, terasa berasal dari kuning, cokelat, merah, oranye, sampai warna biru dan ungu yang berbeda-beda.

3. Merak

Selanjutnya, tak sekedar Cenderawasih, tersedia juga Merak yang merupakan keliru satu type burung berasal dari keluarga Phasianidae. Merak juga ke dalam macam-macam hewan langka yang berasal berasal dari Pulau Jawa dan Sumatera.

Kendati banyak ditemukan di Indonesia, dapat tapi Anda juga sanggup mendapatkan Merak di India dan Malaysia. Meski, Merak di kedua negara tersebut tidak serupa dengan yang tersedia di Indonesia. Pasalnya, type Merak yang tersedia di Indonesia punya keunikannya sendiri, yaitu bulunya yang berwarna-warni.

Kemudian, Merak juga punya type yang berbeda-beda dan sebagian berasal dari mereka punya warna bulu yang tidak serupa juga. Merak punya kepribadian yang benar-benar tenang. Akan tetapi, di sebagian selagi Merak sanggup benar-benar agresif.

4. Komodo

Komodo adalah keliru satu hewan darat terbesar di dunia yang langka bahkan nyaris punah. Hewan endemik ini selamanya hidup di distrik tertentu. Komodo tinggal di suatu pulau yang dinamakan Pulau Komodo, Rinca, Padar, dan juga Flores.

Oleh sebagian orang, dengan mengamati ukurannya yang besar lantas menyimpulkan, bahwa Komodo merupakan kadal tertinggi dan terbesar di dunia. Hal tersebut dibuktikan dengan panjang tubuhnya yang sanggup capai tiga meter.

Komodo sebenarnya juga merupakan kerabat dekat berasal dari Dinosaurus dan spesies purba tertua yang tetap hidup sampai sekarang. Hal ini terbukti berasal dari ditemukannya fosil-fosil berasal dari type Dinosaurus spesifik yang memperlihatkan kesamaan struktur tubuh dengan Komodo.

5. Badak Jawa

Badak Jawa atau badak bercula satu yang lebih pendek merupakan hewan langka lain yang tersedia di Indonesia. Badak ini banyak ditemukan di Pulau Jawa.

Populasi Badak Jawa berasal dari th. ke th. mengalami penyusutan. Badak Jawa mengalami kesusahan untuk berkembang biak dan mereka hanya hidup selama 80 tahun.

6. Anoa

Anoa adalah satu berasal dari macam-macam hewan langka yang berasal berasal dari Sulawesi. Anoa adalah kerbau dengan ukuran yang benar-benar kecil. Anoa tinggal di dataran rendah dan dataran tinggi.

Hewan ini banyak diburu untuk dijadikan makanan. Ya, serupa layaknya type kerbau lainnya, Anoa juga sanggup dimakan. Namun, mengonsumsi daging Anoa ini sanggup memabukkan agar tidak sanggup dikonsumsi.

7. Elang Jawa

Elang Jawa merupakan keliru satu spesies burung elang yang berukuran tengah yang endemic di Pulau Jawa. Elang Jawa punya jambul meninjol sejumlah 2-4 helai dengan panjang menjangkau 12 cm.

Ukuran tubuhnya capai 60-70 sentimeter dengan bulu coklat gelap pada punggung dan sayap. Selain itu, Elang Jawa juga bercoretan cokelat gelap pada dada dan bergaris dan bergaris tidak tipis coklat gelap di perut. Ekornya cokelat bergaris-garis hitam.

8. Orangutan Sumatera

Orangutan Sumatera adalah spesies orangutan terlangka. Orangutan Sumatera hidup dan endemic pada Sumatera. Keberadaan Orangutan Sumatera lebih sedikit berasal dari Orangutan Kalimantan.

Orangutan Sumatera sebenarnya nyaris serupa dengan Orangutan Kalimantan. Akan tetapi, berasal dari faktor ukuran, punya tubuh yang lebih kecil. Orangutan Sumatera liar merupakan hewan pemakan buah dan hanya bertahan hidup di Provinsi Aceh.

9. Maleo

Maleo adalah keliru satu type endemik Megapode besar yang terdapat di Pulau Sulawesi. Maleo adalah salah satu anggota berasal dari genus monotip Macrocephalo. Spesies ini sanggup ditemukan di hutan dataran rendah dan juga bukit-bukit di Sulawesi. Maleo adalah keliru satu hewan yang benar-benar dilindungi di Indonesia. Mengingat jumlahnya yang udah tidak banyak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *