Mengenal Bunglon Madagaskar, Reptil Terkecil di Dunia Hanya Seukuran Ujung Jari

Mengenal Bunglon Madagaskar, Reptil Terkecil di Dunia Hanya Seukuran Ujung Jari

Mengenal Bunglon Madagaskar, Reptil Terkecil di Dunia Hanya Seukuran Ujung Jari

Pernahkah Anda mendengar soal reptil jantan terkecil di dunia yang mampu bertengger pas di ujung jari Anda?
FS88BET
Hewan berikut adalah Brookesia nana, spesies bunglon berukuran terlampau kecil berasal dari hutan hujan di Madagaskar utara.

Melansir Live Science, Minggu (31/1/2021), para peneliti baru-baru ini mendeskripsikan seekor jantan dan satu betina berasal dari spesies berikut di dalam sebuah penelitian yang diterbitkan terhadap 28 Januari di jurnal Scientific Reports dan mereka tercengang oleh ukuran jantan yang terlampau kecil.

Dengan ukuran hanya 1/2 inci (13,5 milimeter) berasal dari moncong hingga kloaka (lubang serbaguna yang digunakan reptil untuk ekskresi dan reproduksi), jantan dewasa adalah reptil dewasa terkecil yang dulu ditemukan.

Faktanya, B. nana jantan berukuran lebih kecil berasal dari betina, yang punya panjang 0,75 inci (19,2 mm) berasal dari moncong hingga kloaka.

Tidak hanya dia lebih panjang berasal dari pasangannya, namun dia terhitung sedikit lebih panjang berasal dari tokek Karibia Sphaerodactylus ariasae, yang sementara ini memegang gelar untuk reptil betina terkecil.

“Mengingat bahwa konsep umum tubuh reptilia agak serupa bersama dengan mamalia dan manusia, terlampau menarik untuk melihat bagaimana miniaturisasi organisme ini dan organnya,” kata penulis utama studi Frank Glaw, seorang herpetologis di Bavarian State Collection of Zoology di Munich.

Namun, tidak tiap tiap organ berukuran terlampau kecil.

Kadal dan ular jantan punya sepasang organ reproduksi yang disebut hemipenes – dua alat kelamin berupa tabung yang selamanya terbalik di di dalam tubuh jantan, hingga saatnya untuk kawin.

Hemipenes B. nana berukuran 0,1 inci (2,5 mm) ketika dibalik sepenuhnya, atau kira-kira 18,5% berasal dari total panjang tubuhnya.

Anehnya, ini bukan cii-ciri yang tidak biasa di antara kadal terkecil di dunia, tulis para peneliti.

Panjang genital di antara bunglon berkaitan berkisar antara 6,3% hingga 32,9% berasal dari total panjang tubuh jantan, bersama dengan umumnya 13,1% terhadap 52 spesies, temu tim penelitian tersebut.

“[Ini] mengungkap pola yang menarik: Spesies terkecil seringkali punya ukuran genital terbesar secara proporsional,” tulis rekan penulis studi Mark Scherz, seorang herpetologis di Universitas Potsdam di Jerman, di dalam sebuah postingan blognya.

Mengapa demikian?

Menurut Scherz, perihal itu mampu menjadi berkaitan bersama dengan dimorfisme ukuran antara reptil kecil jantan dan betina tersebut. Bahkan kalau perempuan selamanya lebih besar daripada laki-laki, mampu menjadi “kendala” di tempatkan terhadap seberapa kecil alat kelaminnya, tulis Scherz.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *