Penguin Kuning yang Langka Berhasil Diabadikan, Ini Penyebab Bulunya Berbeda

Penguin Kuning yang Langka Berhasil Diabadikan, Ini Penyebab Bulunya Berbeda

Penguin Kuning yang Langka Berhasil Diabadikan, Ini Penyebab Bulunya Berbeda

Pasti kamu sudah tak asing lagi dengan burung penguin kan? Penguin sendiri memang cukup dikenal sebagai salah satu satwa liar yang hidup di kutub. Bahkan, tak jarang pula video ataupun foto yang memperlihatkan tingkah laku dari penguin tersebut menjadi sorotan netizen karena terlihat menggemaskan.
Pasang Bola
Sama seperti beberapa hewan lainnya, penguin juga bisa memiliki warna tubuh yang berbeda dari biasanya atau albino. Hal ini dikarenakan adanya pigmen tubuh yang tidak bisa berkembang. Penguin albino sendiri cukup dikenal sebagai penguin kuning.

Pasalnya, seluruh tuh penguin ini hanya berwarna putih kecuali di bagian lehernya yang berwarna kuning. Bahkan, dilansir Liputan6.com dari Boredpanda, Senin (22/2/2021) seorang fotografer asal Belgia, Yves Adams berhasil mengabadikan potret penguin kuning tersebut.

Ia pun mengunggah potret penguin kuning yang terbilang langka pada akun Instagram pribadinya. Potret penguin berbulu putih dan kuning langsung saja menjadi sorotan netizen dunia.

Lakukan ekspedisi dan fotografi alam liar sejak 2019

Yves Adams dikenal sebagai salah seorang fotografer alam liar. Melalui akun Instagram pribadinya, ia pun kerap mengunggah foto hasil jepretannya di alam liar baik soal pemandangan maupun hewan-hewannya di media sosial.

Terbaru, foto hasil Adams ini menjadi sorotan netizen karena mengunggah foto penguin berwarna putih dan kuning. Pria asal Belgia ini diketahui melakukan ekspedisi selama dua bulan di Atlantik Selatan pada 2019 lalu. Saat berhenti di sebuah pulau di Georgia Selatan, ia pun melihat sekelompok penguin raja dengan jumlah kurang lebih 120.000 penguin.

Kesempatan tersebut pun tak disia-siakan oleh Adams untuk mengabadikan momen. Dirinya pun menjaga jarak sekitar 50 meter dengan kawanan penguin tersebut saat memotret.

Namun, saat tengah memotret kawanan penguin tersebut, ia justru melihat seekor penguin yang tak biasa. Pasalnya, ia melihat ada salah satu spesies penguin yang didominasi dengan warna putih dan kuning.

Penguin kuning langka hanya 1 banding 146.000 ekor

Di pulau tersebut, Adams melihat adanya seekor burung penguin berwarna putih dan kuning pada bulunya. Hal ini membuatnya terlihat begitu mencolok di antara kawanan penguin raja lainnya.

“Saya belum pernah melihat atau mendengar tentang penguin kuning sebelumnya” ujar Adams seperti yang dilansir Liputan6.com dari Boredpanda, Senin (22/2/2021).

Sebelumnya diketahui jika penguin kuning pertama kali ditemukan dalam penelitian tentang leucisme pada awal 2000-an. Namun, hasil foto dari Yves Adams merupakan foto pertama sebagai bukti adanya penguin kuning di dunia.

Warna kuning dalam bulu penguin tersebut terjadi disebabkan oleh leucisme atau sebuah kondisi yang membuat seekor hewan kehilangan sebagian pigmentasinya. Oleh karena itu, penguin tersebut sama sekali tidak memiliki bulu warna hitam seperti penguin lainnya yang seolah tengah menggunakan tuxedo.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *