Ternyata Hewan Peliharaan Juga Bisa Mimpi, Apa Isinya?

Ternyata Hewan Peliharaan Juga Bisa Mimpi, Apa Isinya?

Ternyata Hewan Peliharaan Juga Bisa Mimpi, Apa Isinya?

Saat tidur, apakah hewan mimpi mengenai makanan favoritnya, jalankan kesibukan sehari-hari, atau bahkan manusia yang merupakan pemiliknya?
Bandar Taruhan
Dikutip dari BBC, Rabu (3/3/2021), para peneliti sadar bahwa menginduksi suasana sama terhadap hewan dapat memungkinkan mereka untuk menyelidiki bagaimana hewan bermimpi.

Pada 1965, ilmuwan Prancis Michel Jouvet dan JF Delorme menemukan bahwa mencabut anggota dari batang otak, yang disebut pons, dari otak kucing dapat mencegahnya menjadi lumpuh kala dalam gerakan mata cepat (REM). Para peneliti menyebut suasana selanjutnya “REM tanpa atonia (relaksasi otot)” atau REM-A.

Bukannya berbaring diam, kucing-kucing itu terjadi berkeliling dan berperilaku agresif.

Hal selanjutnya mengisyaratkan bahwa mereka memimpikan kesibukan kala mereka bangun dan penelitian sejak itu mengutarakan tingkah laku yang serupa.

Menurut dokter hewan ahli saraf Adrian Morrison, kucing yang tengah dalam suasana REM-A dapat menjalankan kepalanya seolah-olah mengikuti rangsangan. Beberapa kucing terhitung perlihatkan tingkah laku yang sama juga dengan serang predator, layaknya mengejar tikus dalam mimpi — aktivitias mimpi sama udah keluar terhadap anjing.

Beberapa manusia terhitung ditemukan untuk ‘memerankan’ mimpi mereka kecuali membawa suasana yang disebut Gangguan Perilaku Tidur REM.

“Meninju, menendang, melompat, dan berlari dari area tidur sepanjang usaha memerankan mimpi adalah manifestasi yang sering terjadi dan biasanya berkorelasi dengan citra yang dilaporkan,” menurut Klasifikasi Internasional Gangguan Tidur.

Gerakan fisik bukanlah cuma satu langkah untuk mengintip ke dalam mimpi. Para peneliti sekarang dapat secara manusiawi mengintip kesibukan listrik dan kimiawi sel otak terhadap hewan kala tidur.

Pada 2007, ilmuwan MIT Kenway Louise dan Matthew Wilson mencatat kesibukan neuron di anggota otak tikus yang disebut hipokamus — sebuah susunan yang diketahui terlibat dalam pembentukan dan pengkodean ingatan.

Mereka merekam kesibukan sel-sel otak kala tikus berlari di dalam labirinnya selanjutnya mereka memandang kesibukan neuron yang sama kala mereka tidur.

Louise dan Wilson menemukan pola penembakan yang sama juga sepanjang berlari dan sepanjang REM. Dengan kata lain, tikus seolah-olah tengah menjalankan labirin dalam pikiran mereka kala mereka tengah tidur.

Ahli biologi di Universitas Chicago, Amish Dave dan Daniel Margoliash meneliti otak burung pipit zebra dan menemukan suatu hal yang serupa.

Walau begitu, kami tidak dapat sadar apa sesungguhnya yang hewan mimpikan kala tidur.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *