Tips Hadapi OSPEK Kuliah Tanpa Rasa Takut


Tips Hadapi OSPEK Kuliah Tanpa Rasa Takut

Tidak merasa ya sebentar lagi sudah memasuki tahun ajaran baru lagi. Kamu tidak sabar ‘kan untuk masuk sekolah? Nah, bagi anda yang akan berubah status berasal dari pelajar jadi mahasiswa, selamat ya! Pasti saat ini tersedia banyak hal yang sedang anda siapkan untuk masuk di hari pertama. Salah satunya juga mencari kepentingan untuk Orientasi Studi dan Pengenalan Kampus (OSPEK). Tenang aja, anda ngga perlu takut, kiat-kiatnya akan kami bahas sama-sama di bawah ini. Simak ya!

Sejarah singkat OSPEK di Indonesia
Sekitar tahun 1890an-1920an, disaat Indonesia masih di bawah pendudukan Belanda, OSPEK masih disebut bersama ontgroening didalam bhs Belanda. Ontgroening yang dilakukan di STOVIA (Sekolah Pendidikan Dokter Hindia) mengharuskan mahasiswa baru membersihkan area kelas atas perintah berasal dari para senior. Kegiatan tersebut juga bertujuan sebagai masa perkenalan pada mahasiswa baru dan senior. Ontgroening dilakukan di asrama dikarenakan pada saat itu semua murid STOVIA tinggal di asrama dan kegiatan bersih-bersih dilakukan di luar jam pelajaran.

Setelah Indonesia merdeka, ontgroening senantiasa dilaksanakan. Keikutsertaan mahasiswa baru didalam kegiatan ini jadi syarat sehingga dapat ikuti kegiatan mahasiswa di luar kegiatan akademik. Namun, beberapa orang berpendapat bahwa ontgroening perihal erat bersama kolonialisme dan feodalisme. Akibatnya, berjalan pelarangan oleh pemerintah dan selanjutnya berubah nama jadi Masa Kebaktian Taruna (1963); Masa Prabakti Mahasiswa (Mapram, 1968); Pekan Orientasi Studi (1991); dan Orientasi Studi Pengenalan Kampus (OSPEK).

Pada saat itu, OSPEK erat bersama istilah perploncoan yang berasal berasal dari kata “plonco” bermakna kepala gundul dan perihal bersama seseorang yang perlu wejangan untuk hadapi masa depan. Perploncoan yang merugikan suatu pihak tentu tidak dibenarkan ya, Squad. Sebab, sesungguhnya pada saat itu, obyek OSPEK cuman untuk menciptakan keakraban di pada mahasiswa dan menanamkan pemahaman berkenaan keadaan lingkungan sekitar.

Lalu, bagaimana bersama saat ini? Tenang, OSPEK tidak seburuk yang anda bayangkan, kok! Penyelenggaraan OSPEK di kampus diawasi penuh oleh dosen, sehingga anda tidak perlu kuatir pada apa pun. Nah, saat ini tinggal mempersiapkan diri anda saja, nih. Apa saja sih yang perlu dipersiapkan didalam hadapi OSPEK?

1. Bersikap sewajarnya

Squad, sebagai mahasiswa baru cobalah untuk bersikap sewajarnya, ya. Bersikap aktif tetapi senantiasa didalam batasan. Jangan pula nampak amat pendiam yang mencerminkan anda nampak ketakutan. Beranilah berkata jikalau sesungguhnya senior anda berperilaku berlebihan dan di luar batasan.

2. Persiapkan fisik dan mental

Kegiatan OSPEK yang padat tentu perlu kesiapan fisik dan mental yang kuat. Oleh dikarenakan itu, anda perlu untuk mengkonsumsi makanan bergizi dan istirahat yang cukup. Ingat bahwa kebugaran adalah hal paling utama dan jangan dulu membiarkan sarapan.

3. Lapor

Jangan merasa curiga untuk bercerita bila panitia OSPEK di kampusmu bersikap keterlaluan. Apalagi, jikalau berjalan kekerasan fisik. Keselamatan diri anda lebih perlu lho, Squad! Kamu dapat melaporkannya ke pihak dekanat, ketua program studi, atau bicarakan hal ini ke orang tuamu terlebih dahulu. www.biologi.co.id

4. Bertemanlah!

Saat menjalani kehidupan kampus nanti, anda akan berinteraksi bersama banyak orang. Maka berasal dari itu, cobalah memaksimalkan momen OSPEK untuk berteman bersama sebanyak-banyaknya orang ya. Memiliki banyak teman tidak akan merugikan kita, kok! Malah dapat miliki banyak teman yang akan berfaedah untuk bertukar pengetahuan, studi bersama, dan siapa jelas nanti merekalah yang akan jadi teman di kelas semasa perkuliahan.