Tips Mendidik Sih Kecil Jadi Anak Sholeh


Mempunyai anak sholeh seperti ini memang jadi dambaan bagi setiap orangtua. Di samping sebagai penurus keturunan, nanti anak sholeh juga akan jadi investasi di masa depan. Pada usia dini, seorang anak jadi lebih mudah untuk terima perubahan daripada saat dia dewasa. Dan di usia dini inilah masa pembentukan jati diri, watak, dan juga pola pikir anak sedang berproses dengan baik.

Tips Mendidik Sih Kecil Jadi Anak Sholeh
Tips Mendidik Sih Kecil Jadi Anak Sholeh

 

Nah, dalam masa tersebutlah, orangtua hendaknya memberi peranan yang lebih optimal lagi. Orangtua harus bisa memberi pengaruh yang postif pada anak-anaknya. Istilah, kepala, hati, dan juga jiwa anak yang lagi dalam proses pembentukan tersebut dengan beberapa nilai-nilai yang positif dan baik. orangtua haruslah bisa jadi filter bagi berbagai macam unsur negative yang bisa merusaknya. Jangan sampai anak Anda nantinya malah mendapat pengharuh negative dari luar.

Untuk itulah, salah satu langkah terbaik untuk jadikan seorang anak jadi shilet atau sholehah adalah hendaknya dilakukan sejak usia dini. Pada saat memorinya masih belum terkontaminasi dengan pengaruh negative, Anda bisa mulai membiasakan beberapa hal berikut ini pada anak Anda sejak dini.

Tips mendidik sih kecil jadi anak sholeh

Bangunkan shubuh sejak usia dini

Bangun di waktu shubuh merupakan aktifitas yang paling berat bagi orang yang tak biasa melakukannya. Untuk itulah, membiasakan anak bangun shubuh sejak usia dini adalah salah satu langkah terbaik untuk menjadikan anak Anda sebagai sebuah kebiasaan.

Beri lingkungan pergaulan dan juga pendidikan islami

Lingkungan dan juga pergaulan merupakan salah satu faktor terpenting di dalam pembentukan karakter seorang anak. Maka dalam hal yang demikian ini Anda bisa memulainya dengan cara mengirimkan kepada anak Anda ke TPA atau taman pendidikan Al quran, maupun mengikuti kursus islam di masjid dan lain sebagainya.

Jangan egois

Orangtua merupakan teladan pertama bagi anak-anaknya, jadi jadilah teladan yang baik bagi anak Anda kelak. Jangan selalu bersikap yang egois. Jangan hanya perintahkan anak And untuk pergi sholat berjamaah atau pun mengaji, sedangkan Anda sendiri tak lakukan hal tersebut. Sebab hal itu akan timbulkan pembangkanga pada anak, minimal secara kejiwaan.

Perkenalkan batasan aurat

Biasanya cara berpakaian kita sekarang ini adalah kebiasaan yang sudah dibawa sejak kecil. Seorang anak yang dibiasanya memakai pakaian yang ketat, dibiasakan menggunakan pakaian tanpa hijab, maka hal yang demikian tersebut akan terbawa sampai remaja dan dewasa. Kebiasaan yang seperti ini akan sangat sulit sekali untuk dirubah dengan alasan gerah, panas, ribet, tak nyaman, tak PD, tak gual, dan lain-lain. Untuk itulah sangat penting sekali mendidik anak menggunakan pakaian yang diajarkan dalam islam sejak usia dini dan memperkenalkan batasan aurat sejak dini.

Demikianlah informasi tentang tips mendidik sih kecil jadi anak sholeh yang bisa kami bagikan. Semoga bermanfaat. sumber : www.dosenpendidikan.com